Kamis, 06 Agustus 2015

Waktu Yang Tepat Untuk Menikmati Kopi

Jam berapa biasanya Anda meminum kopi di pagi hari? Siapa sangka ternyata ada waktu paling tepat untuk menyeduh kopi yang aman bagi kesehatan. Lebih jauh, jam rutin ini bisa menjauhkan Anda dari ketergantungan yang terlalu besar.

Sebagai orang selama ini menganggap saat yang tepat menyeduh kopi dilakukan antara pukul 08.00-09.00 pagi. Ternyata anggapan ini keliru.

Waktu Yang Tepat Untuk Menikmati Kopi
Mengapa? meminum kopi pada waktu utama ini justru semakin membangunkan jam tubuh sekaligus biologis manusia. Padahal, ada jam tersebut, ada sebuah hormon yang secara otomatis justru membangunkan tubuh Anda.

Laporan AsapAcience seperti dikutip laman metro.co.uk, Rabu, 27 Mei 2015 menyebutkan hormon steroid, cirtosol di tubuh wanita dan pria umumnya dikeluarkan pada jam tersebut.

Cirtosol biasanya berkaitan dengan cara tubuh melepas stres sekaligus glukosa darah rendah. Hormon ini pula yang membuat Anda terjaga sepanjang pagi itu.

Artinya, meminum kopi pada jam tersebut secara otomatis menggantikan hormon-hormon yang dilepaskan tersebut. Dalam jangka panjang, meminum kopi pada waktu puncak cortisol justu membuat Anda semakin ketagihan.

Idealnya, Anda tak perlu lagi meminum kopi ketika level cortisol sudah mencapai puncaknya.

Mulai saat ini, cobalah bersabar untuk menahan dahaga kopi di pagi hari hingga mencapai pukul 09.30-11.30 pagi. Inilah waktu yang tepat terbaik meminum kopi.

Selain pagi hari, waktu terbaik meminum kopi juga ada diantara pukul 13.00-17.30 WIB. Tak percaya? coba buktikan sendiri.


EmoticonEmoticon